Semua Materi yang ada di Blog ini diambil dari Buku Karangan "Catur Hadi Purnomo".
Anda Bisa Mendapatkan versi Lengkapnya dalam bentuk Buku di seluruh Toko Buku Terkemuka di Indonesia , seperti:
Gramedia, Gunung Agung, Bukukita.com, dsb

3 Cara Menulis Rumus Excel

Pada situasi tertentu mungkin Anda akan menemukan suatu masalah di dalam menuliskan rumus-rumus Excel. Entah itu karena data Anda sudah cukup kompleks, atau mungkin data yang Anda hitung letaknya berbeda dengan yang Anda kerjakan sekarang. Untuk itu ada 3 cara menulis rumus Excel, yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Menulis Rumus dengan Nama Sel

Untuk menuliskan rumus dengan nama sel, Anda harus tahu serta benar dalam memasukkan nama sel yang akan dihitung. Jika tidak, maka Excel akan menampilkan beberapa lambang-lambang kesalahan seperti, #N/A, #VALUE!, #REF!, #DIV/0!, #NUM!, #NAME?, atau #NULL!. Lambang-lambang tersebut muncul sesuai dengan kesalahan yang terjadi. Namun jangan khawatir, khusus untuk penulisan nama sel yang telah Anda tulis akan ditandai dengan kotak berwarna yang berbeda-beda. Jadi, Anda dapat memastikannya terlebih dahulu.

Gambar Contoh data yang akan dihitung

Untuk menghitung data di atas, caranya aktifkan sel D3, kemudian ketikkan rumus =B3+C3, secara otomatis sel yang ditulis namanya akan diberi kotak berwarna. Lalu tekan Enter pada keyboard untuk melihat hasilnya.

Gambar Sel yang ditulis namanya akan diberi kotak berwarna


Cara menulis rumus Excel lainnya, bisa Anda baca selengkapnya di buku: "Panduan Belajar Otodidak Microsoft Office Excel 2010"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...